Langsung ke konten utama

Cara Mudah Program Sensor Berat Load Cell HX711 dengan Arduino (Satuan Gram)


Kita akan mencoba menggunakan Sensor Berat LoadCell dengan HX711. Yang mana satuannya adalah Gram. Kebanyakan di luar sana Tutorialnya menggunakan Float dengan satuan Kilo Gram. Nah bagi yang mau berbeda boleh di coba nih.

1. Desain Pemasangan Load Cell HX711

Untuk pemasangan silahkan kamu bisa melihat referensi gambar dibawah ini:

2. Rangkaian Arduino Loadcell HX711

Untuk rangkaian silahkan gunakan gambar dibawah ini:
ArduinoHX711
5V5V
GNDGND
A0DT
A1SCK

3. Add Library HX711 ke Arduino IDE

Kita akan menggunakan library HX711_Master.zip, yang bisa kamu Download di bawah ini:
Jika sudah di Download silahkan di Add ke Arduino IDE. Bagi yang belum tau, bagaimana cara ADD Library ke Arduino. Silahkan gunakan tutorial dibawah ini:

Bagaimana Cara Memasukan Library Ke Aplikasi Arduino IDE?

4. Kalibrasi Load Cell HX711

Langkah selanjutnya adalah harus kalibrasi. Tujuan kalibrasi disini untuk menentukan ukuran gram nya sesuai. Silahkan gunakan koding dibawah ini:
Silahkan Upload programnya. Kemudian buka Serial Monitor. Nah disini kamu harus menyiapkan beban yang kamu tau ukuran beratnya. Misalkan kamu pake Batu yang beratnya 300 gram. Nah tinggal kamu simpan batunya. Kemudian cek di Serial Monitor.
Jika ternyata beratnya kurang atau lebih dari 300 gram. Kamu tinggal turunkan atau naikan Calibration Factor nya dengan mengirim a,s,d,f atau z,x,c,v lalu Send. Jika sudah pas, simpan nilai Calibration Factor nya.

5. Membaca Nilai Load Cel HX711

Oke sekarang waktunya untuk membaca nilai dari Load Cell. Untuk membaca beratnya. Silahkan gunakan koding dibawah ini:
CATATAN: pada koding float calibration_factor = 344.10; silahkan ganti angka 344.10 dengan nilai yang sudah kamu dapatkan saat kalibrasi tadi.
Selamat Mencoba

Sumber : Kelas Robot

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Sniffing dan Spoofing Menggunakan Kali Linux

Konsep dasar alat sniffing sesederhana penyadapan dan Kali Linux memiliki beberapa alat yang populer untuk tujuan ini.  Dalam bab ini, kita akan belajar tentang alat sniffing dan spoofing yang tersedia di Kali. Burpsuite Burpsuite dapat digunakan sebagai alat mengendus antara browser Anda dan webservers untuk menemukan parameter yang digunakan aplikasi web. Untuk membuka Burpsuite, buka Aplikasi → Analisis Aplikasi Web → burpsuite. Untuk membuat pengaturan sniffing, kami mengkonfigurasi burpsuite untuk berperilaku sebagai proxy.  Untuk melakukan ini, buka  Opsi  seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar berikut.  Centang kotak seperti yang ditunjukkan. Dalam hal ini, IP proxy akan menjadi 127.0.0.1 dengan port 8080. Kemudian konfigurasikan proxy browser yang merupakan IP mesin burpsuite dan porta. Untuk memulai intersepsi, buka Proxy → Intercept → klik “Intercept is on”. Lanjutkan menavigasi pada halaman web yang Anda ingin menemukan parameter untuk menguji kere

Cara Membuat Program Kasir Menggunakan Python

Source code program kasir dengan python selamat datang kembali gan, kali ini saya akan berbagi source code program kasir dengan bahasa pemrograman python atau sebagian orang juga menyebutnya dengan nama pyton (anekdot) ok di bawah ini ada source code dimana program kasir tersebut menggunakan metode yang biasa di kenal if then else, tetapi di python dikenal dengan " elif " maka dari itu bari kita cobakan print("Source Code Kasir Dengan Python")   x=str(input("Nama Barang :  ")) y=int(input("Harga       :  ")) z=int(input("Jumlah Jual :  ")) v=0 w=0 if (z in range (0,5)):     v = 0     print("Tidak ada diskon") elif (z in range (5,11)):     v = 5/100     print("Discount 5%") elif (z in range ( 11,21)):     v = 10/100     print("Discount 10%") elif (z in range ( 21,31)):     v = 15/100     print("Discount 15%") else:     v = 20/100     print("Discount 20%") w = (y*z)-(y*z*v) print (&